Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Italia Berharap India Bisa Mainkan Peran Kunci Perdamaian Rusia-Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Maret 2023, 23:33 WIB
PM Italia Berharap India Bisa Mainkan Peran Kunci Perdamaian Rusia-Ukraina
Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni berbicara dengan PM India Narendra Modi di Istana Kepresidenan India di New Delhi, pada Kamis, 2 Maret 2023/AP
rmol news logo Italia percaya India dapat memainkan peran kunci dalam memfasilitasi proses negosiasi untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni pada Kamis (2/3), berharap Perdana Menteri India Narendra Modi dapat menggunakan presidensi G20 untuk memainkan peran tersebut.

“Kami berharap India, yang menjadi presiden G20, dapat memainkan peran sentral dalam memfasilitasi proses negosiasi untuk penghentian permusuhan demi perdamaian yang adil,” kata Meloni, seperti dikutip Associated Press.

Menanggapii dorongan tersebut, Modi mengaku bersedia. Namun ia menegaskan kembali bahwa perdamaian hanya bisa dicapai melalui jalur diplomasi dan dialog dengan kedua negara.

“India siap mendukung inisiatif perdamaian ke arah itu,” kata Modi dalam konferensi persnya.

Sejauh ini, India menahan diri untuk tidak  mengkritik secara langsung invasi Rusia karena keduanya merupakan sekutu dekat sejak era Perang Dingin. New Delhi juga telah bergantung pada Moskow untuk hampir 60 persen peralatan pertahanannya.

Namun pada tahun lalu, Modi mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa saat ini “bukan waktu untuk berperang”. Pernyataan itu dipuji oleh para pemimpin dunia sebagai sebuah teguran kepada Moskow.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA