Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kilang Minyak Ilegal Meledak, 12 Warga Nigeria Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Maret 2023, 06:49 WIB
Kilang Minyak Ilegal Meledak, 12 Warga Nigeria Meninggal Dunia
Ledakan dan kebakaran di dekat lokasi kilang minyak ilegal di wilayah Delta Niger, Nigeria, Jumat 3 Maret waktu setempat/Net
rmol news logo Sedikitnya 12 orang meninggal dunia dalam insiden ledakan dan kebakaran di dekat lokasi kilang minyak ilegal di wilayah Delta Niger, Nigeria, pada Jumat (3/3) waktu setempat.

Juru bicara polisi negara bagian Grace, Iringe-Koko, mengatakan bahwa ledakan di daerah dewan Emuoha di negara bagian Rivers selatan terjadi di sepanjang jalur pipa yang ditargetkan oleh operator kilang ilegal yang mencoba mencuri minyak.

"Kami menyadari bahwa ada ledakan yang berkaitan dengan kegiatan bunkering," kata Iringe-Koko, menambahkan bahwa pihak berwenang sedang bekerja untuk menentukan jumlah korban dan penyebab insiden tersebut.

Berbeda dengan keterangan polisi terkait jumlah korban, orang-orang di daerah tersebut mengatakan kepada The Associated Press bahwa kemungkinan korban tewas mencapai puluhan dalam kebakaran yang berkobar selama berjam-jam.

Korban kebanyakan adalah anak muda yang berencana menyedot minyak dari pipa dan mengangkutnya ke lokasi penyulingan ilegal dengan sedikitnya lima kendaraan.

Direktur Eksekutif Pusat Advokasi Pemuda dan Lingkungan, Fyneface Dumnamene, mengatakan penyebab ledakan adalah percikan api dari pipa knalpot bus yang sarat dengan galon minyak mentah saat pengemudi berusaha untuk pergi.

"Semua orang di sekitar lima kendaraan semuanya terbakar," kata Dumnamene.

Kilang ilegal adalah bisnis yang menguntungkan di Nigeria, salah satu produsen minyak terbesar di Afrika. Mereka lebih merajalela di wilayah Delta Niger yang kaya minyak, tempat sebagian besar fasilitas minyak negara itu berada.

Para pekerja di fasilitas seperti itu jarang mematuhi standar keselamatan, yang menyebabkan seringnya kebakaran, termasuk di negara bagian Imo tahun lalu yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Nigeria telah kehilangan setidaknya 3 miliar minyak mentah karena pencurian antara Januari 2021 dan Februari 2022.

"Operator bisnis yang curang sering menghindari regulator dengan mendirikan kilang di daerah terpencil seperti yang ada di Imo," kata Komisi Regulator Perminyakan Hulu Nigeria (NUPRC). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA