Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berminggu-minggu, Puluhan Ribu Warga Israel Tolak Rencana Rombak Sistem Peradilan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Maret 2023, 08:31 WIB
Berminggu-minggu, Puluhan Ribu Warga Israel Tolak Rencana Rombak Sistem Peradilan
Puluhan ribu warga Israel menggelar aksi unjuk rasa menolak perombakan sistem peradilan/Net
rmol news logo Aksi unjuk rasa anti-pemerintah di Israel telah memasuki minggu ke-9 berturut-turut. Mereka menolak rencana pemerintah untuk merombak sistem pengadilan.

Puluhan ribu pengunjuk rasa berkumpul di Tel Aviv secara damai pada Sabtu malam (4/3). .

“Saya datang untuk berdemonstrasi menentang revolusi rezim, yang dipaksakan oleh pemerintah Israel kepada kami. Saya berharap demonstrasi besar ini akan mempengaruhi dan membuktikan bahwa kita tidak akan menyerah,” kata guru sejarah berusia 53 tahun Ronen Cohen, seperti dimuat Reuters.

Aksi telah menarik banyak orang setiap minggu sejak awal Januari, ketika pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membidik Mahkamah Agung.

Para pengunjuk rasa menentang UU yang dikeluarkan pemerintahan Netanyahu untuk membatasi kekuasaan Mahkamah Agung dalam memutuskan melawan legislatif dan eksekutif.

UU tersebut akan memberi bobot lebih kepada pemerintah dalam komite yang memilih hakim, dan akan menyangkal hak Mahkamah Agung untuk membatalkan amandemen apa pun atas apa yang disebut "Hukum Dasar", kuasi-konstitusi Israel.

Reformasi peradilan adalah landasan pemerintahan terbaru Netanyahu yang kembali menjabat pada akhir Desember. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA