Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Penampungan Pengungsi Rohingya Hangus, Bangladesh Selidiki Kebakaran Kamp Cox's Bazar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 06 Maret 2023, 15:54 WIB
Ribuan Penampungan Pengungsi Rohingya Hangus, Bangladesh Selidiki Kebakaran Kamp Cox's Bazar
Kamp Cox's Bazar di Bangladesh yang hangus dilalap kobaran api pada Minggu, 5 Maret 2023/Net
Sebabkan 12 Ribu Pengungsi Kehilangan Tempat Tinggal, Bangladesh Selidiki Kebakaran Kamp

RMOL. Bangladesh telah membuka penyelidikan terkait insiden kebakaran hebat yang terjadi di kamp pengungsi Rohingya, Cox's Bazar, pada Minggu sore (5/3 waktu setempat.

Api dilaporkan telah menghanguskan kamp-kamp yang didirikan hanya dengan bambu dan terpal dengan cepat. Akibatnya 12 ribu pengungsi kehilangan tempat tinggal.

"Tidak ada korban yang dilaporkan. Tetapi kobaran api menghancurkan 2.000 tempat penampungan setelah menyebar dengan cepat melalui tabung gas di dapur,"  kata para pejabat, seperti dikutip BBC.

Berdasarkan laporan dari komisaris pengungsi Bangladesh, Mijanur Rahman, api mulai padam setelah tiga jam berusaha dikendalikan. Tetapi 35 masjid dan 21 pusat pembelajaran kini tercatat hancur parah di daerah tersebut.

Saat ini, para pengungsi Rohingya bergegas menengok tempat tinggal mereka, sambil memilah puing-puing, dan berharap ada barang-barang yang masih bisa mereka selamatkan.

Kamp-kamp pengungsi yang penuh sesak dan kotor itu telah lama rentan terhadap kebakaran. Menurut catatan dari Kementerian Pertahanan Bangladesh, antara 2021 sampai 2022, ada 222 insiden kebakaran kamp yang dilaporkan, termasuk dengan 60 kasus yang sengaja dibakar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA