Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maroko Ingin Perluas Kemitraan dengan Uni Eropa, Israel dan Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 06 Maret 2023, 22:41 WIB
Maroko Ingin Perluas Kemitraan dengan Uni Eropa, Israel dan Afrika
Menteri Luar Negeri Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, Nasser Bourita/Net
rmol news logo Hubungan dekat yang dijalin oleh Maroko dengan Uni Eropa dalam beberapa tahun terakhir, telah membawa keuntungan signifikan bagi keduanya.

Menurut Menteri Luar Negeri Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, Nasser Bourita, pada Kamis (2/3), hubungan bilateral negaranya dengan UE belakangan ini telah menghasilkan kerjasama yang erat di berbagai bidang.

Terutama selama pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, Bourita menyebut keduanya berhasil mencetak hasil yang positif dalam mengatasi pandemi dan konsekuensi ekonomi dan sosial lainnya.

Ia berharap di tahun 2023 akan menjadi tahun dengan komitmen dan ambisi yang lebih besar dari perluasan kerjasama kedua pihak.

"Tahun 2023 akan menjadi tahun komitmen dan ambisi yang lebih kuat untuk memperdalam hubungan kerja sama antara kedua pihak di berbagai bidang," ujarnya setelah melakukan pertemuan dengan dengan Komisioner Eropa untuk Kebijakan dan Pembesaran Lingkungan, Olivér Várhelyi di Rabat.

Oleh sebab itu, Bourita mengusulkan agar hubungan bilateral mereka diperluas, dengan menggandeng negara tetangga, seperti Israel dan Afrika.

Bourita menyebut kerjasama regional tripartit antara Maroko, Komisi Eropa, dan Israel, sebagai elemen pelengkap kerjasama bilateral, yang akan mencakup beberapa bidang melalui koordinasi antara ketiga pihak.

Ia mengaku telah mempersiapkan perluasan hubungan tersebut yang akan ditandatangani dalam waktu dekat.

"Kami telah menyiapkan dokumen yang akan kami tandatangani sebelum akhir bulan ini untuk mengkonsolidasikan dimensi tripartit regional dalam hubungan kami juga, di bidang kepentingan bersama," ungkapnya.

Selain dengan Israel, Bourita juga menyarankan agar Maroko-UE bersedia meningkatkan kerjasama triangular (Maroko/UE/Afrika) dalam konteks tanggung jawab bersama antara semua negara mitra. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA