Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Transisi ASEAN Menuju Nol Emisi, Singapura Sorot Sistem Keuangan Berkelanjutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 07 Maret 2023, 01:32 WIB
Dukung Transisi ASEAN Menuju Nol Emisi, Singapura Sorot Sistem Keuangan Berkelanjutan
Wakil Direktur Pelaksana Otoritas Moneter Singapura, Leong Sing Chiong/Repro
rmol news logo Sistem keuangan berkelanjutan ASEAN, dinilai mampu mendukung transisi nol karbon yang menjadi cita-cita dari organisasi ekonomi di Asia Tenggara itu.

Wakil Direktur Pelaksana Otoritas Moneter Singapura, Leong Sing Chiong menyebut ASEAN telah sangat baik dengan memasukkan pendekatan transisi hijau dalam kegiatan ekonomi kawasan.

"Pendekatan akan memberikan kejelasan kepada investor yang ingin mendukung transisi ASEAN menuju net zero," ujarnya dalam acara High Level Seminar ASEAN Matters Epicentrum of Growth di Jakarta pada Senin (6/3).

Leong mengatakan bahwa sistem keuangan berkelanjutan di ASEAN melaluai digitalisasi akan menjadi kunci kesuksesan bagi ekonomi ASEAN di masa mendatang.

Untuk itu, ia mendukung sistem pembayaran multilateral yang akan semakin memudahkan transaksi keuangan antar negara di kawasan.

Jika berhasil, kata Leong, ASEAN akan menjadi organisasi kawasan pertama yang mengimplementasikan terobosan penting tersebut.

Leong berharap ASEAN dapat bekerja keras untuk mewujudkan pembayaran multilateral.

"Ada banyak hal yang diharapkan dari hubungan pembayaran ini. ASEAN telah bekerja selama bertahun-tahun dalam terobosan yang sangat berarti," kata Leong.

Lebih lanjug, ia juga menjelaskan bahwa kerjasama pembayaran lintas batas telah lebih dulu Singapura jalin dengan mitra ASEAN, seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA