Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rombak Kabinet, Ramaphosa Tunjuk Wakil Presiden dan Menteri Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 07 Maret 2023, 13:06 WIB
Rombak Kabinet, Ramaphosa Tunjuk Wakil Presiden dan Menteri Baru
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa/Net
rmol news logo Jajaran kabinet Afrika Selatan mengalami perombakan. Hal itu diumumkan oleh Presiden Cyril Ramaphosa pada Senin malam (6/3) waktu setempat.

Dalam pidato yang ditayangkan di televisi nasional, Ramaphosa mengumumkan wakil barunya serta beberapa menteri yang akan diangkat dan diubah jabatannya.

“Saya telah memutuskan untuk menunjuk Tuan Paul Mashatile sebagai Wakil Presiden Republik,” kata Ramaphosa.

Pria berusia 61 tahun, Mashatile, yang juga menjabat sebagai wakil presiden dari partai Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa, akan menggantikan posisi David Mabuza, wakil presiden yang mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan lalu.

Dalam pengumumannya Ramaphosa juga turut memperkenalkan sejumlah menteri baru, di antaranya Menteri Ketenagalistrikan yang kini dijabat oleh politikus Kgosientsho Ramokgopa.

Ramaphosa berharap, menteri baru dapat menyelesaikan krisis listrik terburuk dalam beberapa dekade dengan mempercepat pengadaan kapasitas pembangkit listrik.

“Tugas utama menteri baru adalah untuk secara signifikan mengurangi tingkat keparahan dan frekuensi pelepasan beban (pemadaman listrik bergilir) sebagai masalah yang mendesak,” kata pemimpin Afrika Selatan itu.

Berdasarkan laporan dari Anadolu Agency, Afrika Selatan merombak banyak kementerian, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Infrastruktur yang kini dijabat oleh mantan Perdana Menteri KwaZulu-Natal Sihle Zikalala.

Kementerian Komunikasi yang akan dipimpin oleh mantan Menteri Kepresidenan Mondli Gungubele, Menteri Layanan dan Administrasi Publik, dan beberapa menteri serta wakil lainnya, yang akan fokus dalam membantu meningkatkan kinerja dari pemerintah Afrika Selatan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA