Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Kekurangan Energi, Presiden Kuba Temui Bos Perusahaan Minyak Rosneft Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 07 Maret 2023, 15:54 WIB
Hadapi Kekurangan Energi, Presiden Kuba Temui Bos Perusahaan Minyak Rosneft Rusia
CEO Rosneft, Igor Sechin menggelar pertemuan pribadi dengan Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel akhir pekan lalu/Net
rmol news logo Di tengah kekurangan pasokan energi akibat pandemi Covid-19 dan sanksi AS, Kuba berusaha menjalin kerja sama dengan perusahaan minyak asal Rusia, Rosneft.

Itu diketahui setelah CEO Rosneft, Igor Sechin, menggelar pertemuan pribadi dengan Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel akhir pekan lalu.

Sechin mencoba meyakinkan bahwa diskusi yang berkaitan dengan Kuba akan langsung diawasi oleh pemimpin tertinggi Rusia, Vladimir Putin.

"Ketika menyangkut masalah yang berkaitan dengan Kuba, Putin mengawasi mereka secara langsung dan pribadi,” jelas Sechin, seperti dimuat Al-Arabiya pada Senin (6/3).

Akun Twitter Kepresidenan Kuba dalam sebuah pernyataan menyebut CEO Rosneft juga sempat bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Kuba Ricardo Cabrisas untuk membahas kerja sama bilateral, terutama di sektor energi.  

Kuba berada di bawah embargo ekonomi AS sejak 1962 setelah revolusi Komunis yang dipimpin oleh mantan pemimpin Fidel Castro.

Sementara Rusia, yang juga terkena sanksi Barat atas konflik di Ukraina, berusaha memperkuat hubungan politik dan ekonomi dengan negara lain yang menentang apa yang disebutnya sebagai hegemoni AS.

Pada Februari lalu, Rusia memberikan hadiah berupa bantuan darurat kepada Kuba sebanyak 25.000 ton gandum untuk mengatasi kekurangan di pulau itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA