Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PBB: Ribuan Pengungsi Rohingya Kehilangan Tempat Tinggal Setelah Kebakaran Kamp Bangladesh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 02:57 WIB
PBB: Ribuan Pengungsi Rohingya Kehilangan Tempat Tinggal Setelah Kebakaran Kamp Bangladesh
Pemadam kebakaran mencoba untuk memadamkan kobaran api di kamp pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh pada Minggu, 5 Maret 2023/Net
rmol news logo Lebih dari 12 ribu pengungsi Rohingnya kehilangan tempat tinggal mereka setelah insiden kebakaran besar di kamp Cox's Bazar, Bangladesh akhir pekan lalu.

Hal tersebut dilaporkan oleh Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dalam sebuah pernyataan pada Senin (6/3).

UNHCR mengatakan lebih dari satu juta pengungsi Rohingya tinggal di kamp-kamp di Cox's Bazar, sebagian besar melarikan diri dari penumpasan yang dipimpin militer di Myanmar pada 2017.

Pengungsi Rohingya bernama Shafiur Rahman mendesak pihak berwenang untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik, karena dirinya dan keluarga kembali kehilangan rumah mereka setelah kebakaran.

“Rumah kami dibakar di Myanmar. Sekarang kami mengalami hal yang sama di sini,” kata Rahman, seperti dimuat Reuters.

Amnesty International juga meminta pemerintah Bangladesh untuk menyediakan akomodasi yang lebih aman bagi para pengungsi.

Akibat insiden kabakaran, lebih dari 2.000 tempat penampungan dan lebih dari 90 fasilitas termasuk rumah sakit dan pusat belajar habis dilalap api.

Komisaris Bantuan dan Repatriasi Pengungsi Mohammad Mizanur Rahman mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran untuk mengetahui apakah itu tindakan sabotase atau bukan.

Kebakaran sering terjadi di kamp yang penuh sesak tersebut. Kebakaran besar pada Maret 2021 menewaskan sedikitnya 15 pengungsi dan menghancurkan lebih dari 10.000 rumah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA