Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Kelanjutan Kesepakatan Laut Hitam, Sekjen PBB Pergi ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 14:06 WIB
Bahas Kelanjutan Kesepakatan Laut Hitam, Sekjen PBB Pergi ke Ukraina
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres/Net
rmol news logo Dalam upaya membahas kelanjutan kesepakatan Laut Hitam, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengunjungi Kyiv pada Rabu (7/3).

Menurut pernyataan dari juru bicara PBB, Sekjen PBB itu akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melanjutkan kesepakatan Inisiatif  Laut Hitam, setelah kesepakatan bersama Rusia itu berakhir pada 19 November 2022.

Selain itu, dalam kunjungannya yang akan berakhir pada Kamis (9/3), Guterres juga akan membahas masalah-masalah lainnya yang tidak disebutkan dengan Zelensky.

Berdasarkan laporan dari wakil juru bicara Guterres, Farhan Haq, saat ini Sekjen itu tidak memiliki rencana untuk berkunjung ke Moskow.

Namun, delegasi Rusia diperkirakan akan berada di Jenewa untuk melanjutkan diskusi Laut Hitam itu lebih lanjut.

"Saya ingin menggarisbawahi pentingnya semua pihak tetap terlibat dalam inisiatif ini, dan menegaskan kembali seruan kami untuk memperpanjangnya setelah Maret 2023," kata Haq, dimuat China Org.

Sejauh ini, menurut catatan PBB, kesepakatan untuk memasok biji-bijian kembali melalui jalur Laut Hitam itu telah memberikan hasil yang signifikan dalam memulihkan rantai pasokan global.

Dalam catatan itu, lebih dari 20 juta metrik ton bahan makanan telah terhubung kembali dengan aman, yang juga berguna untuk menurunkan harga pangan di seluruh dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA