Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Brasil Tangkap Jaringan Penipuan 'Wolf of Wall Street' di Portugal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 15:17 WIB
Polisi Brasil Tangkap Jaringan Penipuan 'Wolf of Wall Street' di Portugal
Kepolisian Brasil/Net
rmol news logo Terinspirasi dari film "The Wolf of Wall Street", jaringan kriminal yang telah menipu ribuan warga Brasil di Portugal akhirnya ditangkap.

Polisi Brasil bekerja sama dengan cabang Interpol Portugal pada Selasa (6/3) berhasil mengungkap komplotan penjahat asal yang Ceko berusaha menipu warga Brasil dari kantor operasionalnya di Lisbon.

Kepala Polisi Eric Sallum menjelaskan, bahwa jaringan itu telah membuka pusat panggilan dan mempekerjakan ratusan warga Brasil yang tinggal di Portugal untuk menghubungi orang-orang di Brasil lewat telepon dan meyakinkan mereka berinvestasi saham.

Uang para korban berakhir di rekening perusahaan sementara mereka diberitahu bahwa uangnya telah hilang di pasaran.

"Mereka didorong untuk melakukan investasi baru dengan harapan bisa membalikkan kerugian. Ternyata investasi baru juga menghasilkan kerugian, menciptakan bola salju," kata Sallum, seperti dimuat Reuters.

Menurut paparan Sallum, jaringan tersebut telah beroperasi setidaknya selama empat tahun, memengaruhi ribuan orang, dan menghasilkan jutaan reais Brasil.

Sallum mengungkap enam pemimpin jaringan ditangkap dan akan menghadapi dakwaan atas penipuan dan pencucian uang, rekening bank mereka pun ikut dibekukan dan beberapa situs web palsu telah ditutup.

Jaringan kriminal tersebut terinspirasi dengan blockbuster "The Wolf of Wall Street" tahun 2013, di mana para pekerja didorong menonton film itu dan meniru perilaku tokoh utama yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio.

Itu nampak jelas, saat melihat moto perusahaan yang berbunyi: "pikirkan diri sendiri dan keluargamu, lupakan para korban". rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA