Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Dilanda Krisis, Somalia Berhasil Kumpulkan Bantuan Rp 77 Miliar untuk Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 15:52 WIB
Meski Dilanda Krisis, Somalia Berhasil Kumpulkan Bantuan Rp 77 Miliar untuk Turki
Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan pada 6 Juli 2022/Middle East Monitor
rmol news logo Meskipun memiliki banyak keterbatasan sebagai sebuah negara, Somalia tetap memberikan bantuan kepada kepada Turki.

Baru-baru ini, Menteri Kehakiman Somalia Hassan Moalim mengumumkan bahwa negaranya telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 5 juta dolar AS (Rp 77 miliar) untuk dapat membantu Turki pulih dari bencana alam.

Menurut Moalim, meski mereka sedang berada dalam kesulitan, namun hal itu tidak menghalangi langkah negaranya untuk dapat memberikan bantuan kepada negara yang telah banyak membantu Somalia keluar dari krisis kemanusiaan dan krisis keamanannya.

“Kemampuan (bantuan) Somalia, yang masih menyembuhkan luka ini, mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan semua saudara-saudara kami di Turki, tetapi itu tidak menghalangi kami untuk memberikan dukungan kepada Turki,” kata Moalim.

Berdasarkan laporkan yang dimuat Anadolu Agency pada Rabu (8/3), bantuan itu dikerahkan langsung oleh Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud yang membentuk Komite Nasional Bantuan Korban Gempa di Turki sebagai bentuk solidaritasnya.

Sejak runtuhnya pemerintah pusat pada 1990, negaranya belum pernah memberikan bantuan apa pun ke negara lain, karena kurangnya dana cadangan yang mereka miliki.

Namun, demi Turki, mereka mengerahkan seluruh kemampuannya agar dapat membantu negara itu keluar dari kesulitan sebagai bentuk balas budi kepada pemerintah Ankara yang telah berjasa banyak di Somalia.

“Dukungan Turki untuk Somalia mencakup bantuan dari semua aspek, termasuk lembaga pemerintahan, militer, dan sipil, ini mendorong warga Somalia untuk mengingat peran politik dan militer Turki di wilayah tersebut dan (bentuk) balas budi,” ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA