Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Kolera Membandel, Malawi Aktifkan Lagi Hari Bersih Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Maret 2023, 17:56 WIB
Wabah Kolera Membandel, Malawi Aktifkan Lagi Hari Bersih Nasional
Masyarakat Malawi saat melaksanakan Hari Bersih Nasional pada 2021 lalu/Net
rmol news logo Dalam upaya mengendalikan wabah kolera, Malawi menggalakkan kembali Hari Bersih Nasional yang akan rutin diadakan Jumat kedua di setiap bulan.

Kementerian Daerah, Kesatuan, dan Kebudayaan Malawi mengumumkan Hari Bersih Nasional akan dimulai kembali pada Jumat (10/3) pekan ini.

"Dengan meningkatnya kasus Kolera yang terdaftar di Malawi, yang dipicu oleh praktik-praktik tidak higienis, kementerian mendesak semua pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta, dan masyarakat umum untuk mengidentifikasi lingkungan tempat kegiatan pembersihan dan penghijauan," kata kementerian, seperti dikutip All Africa, Rabu (8/3).

Dalam upaya menangani limbah dengan baik dan legal, kementerian juga mengimbau kepada semua keluarga, lembaga, dan masyarakat untuk memiliki wadah besar sebagai tempat penampungan sampah.

Hari Bersih Nasional diluncurkan Presiden Lazarus Chakwera pada November 2020. Itu merupakan upaya pemerintah untuk mendorong warga kerja bakti dengan menyapu dan membersihkan rumah, tempat kerja, dan ruang publik secara serentak.

Kendati begitu, kegiatan itu sempat terhenti selama lebih dari setahun, yang memicu kritikan dari para aktivis lingkungan.

Hingga Januari kemarin, Malawi mencatat 40 ribu kasus Kolera, dengan lebih dari 1.300 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA