Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejarawan Belanda Temukan Harta Karun Emas Berusia 1.000 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 10 Maret 2023, 15:31 WIB
Sejarawan Belanda Temukan Harta Karun Emas Berusia 1.000 Tahun
Harta karun emas yang ditemukan oleh sejarawan Belanda sejak dua tahun lalu/Net
rmol news logo Harta karun emas berusia 1.000 tahun berhasil ditemukan oleh seorang sejarawan Belanda, Lorenzo Ruijter, di sebuah kota kecil Hoogwoud hanya dengan menggunakan detektor logam.

Museum Purbakala Nasional Belanda (Rijksmuseum van Oudheden) pada Kamis (9/3), mengumumkan penemuan tersebut berisi empat liontin telinga emas, dua helai daun emas, dan 39 koin perak yang diduga telah ada sejak abad pertengahan.

Berdasarkan data Museum, harta karun tersebut diperkirakan telah ada saat perang antara wilayah Belanda Friesland Barat dan Belanda pada pertengahan abad ke-13, dengan wilayah Hoogwoud sebagai pusatnya.

Sementara itu, sang penemu, Ruijter yang berusia 27 tahun, menyatakan tidak pernah menyangka akan menemukan harta karun tersebut.

"Sangat istimewa menemukan sesuatu yang berharga ini, saya tidak dapat menggambarkannya. Saya tidak pernah menyangka akan menemukan hal seperti ini" ungkapnya, seperti dimuat Reuters.

Ruijter yang menemukan harta karun itu sejak 2021, mengaku sulit untuk merahasiakannya selama dua tahun.

Harta karun itu diberikan sebagai pinjaman ke museum yang akan memajangnya, tetapi Lorenzo akan tetap menjadi pemiliknya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA