Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur Iran Langgar Batas Udara, Azerbaijan Protes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 12 Maret 2023, 09:12 WIB
Jet Tempur Iran Langgar Batas Udara, Azerbaijan Protes
Pesawat tempur Iran/Net
rmol news logo Azerbaijan memanggil duta besar Iran. Langkah ini dilakukan setelah muncul laporan yang menyebut jet tempur Teheran mendekati, bahkan melewati batas udara yang ditetapkan.

Kementerian Luar Negeri Azerbaijan pada Sabtu (11/3) mengatakan telah memanggil Dubes Iran untuk memprotes insiden tersebut, yang disebut sebagai perilaku tidak bersahabat.

"Penerbangan pesawat militer selama lebih dari setengah jam di dekat wilayah Azerbaijan yang dibebaskan adalah (sebuah) provokasi dan perilaku tidak bersahabat terhadap Azerbaijan,” bunyi pernyataan itu, seperti dimuat Al Arabiya.

Azerbaijan mengutuk keras langkah provokatif semacam itu dan meminta Iran untuk tidak mengulangi tindakan serupa.

Kementerian Pertahanan melaporkan sebuah pesawat tempur Iran terbang di sepanjang perbatasan antara distrik Zangilan Iran dan Bilasuvar Azerbaijan pada Sabtu (11/3), pukul 09.44 hingga 10.26 waktu setempat.

Iran dan Azerbaijan yang memiliki perbatasan sekitar 700 kilometer menjalin hubungan yang cukup rumit. Iran mewaspadai kedekatan Azerbaijan dengan pemasok senjata utamanya, Israel, dan juga mewaspadai kaum nasionalis di Azerbaijan serta sekutu dekatnya Turki.

Hubungan keduanya semakin memburuk menyusul serangan bersenjata terhadap kedutaan Azerbaijan di Teheran pada Januari lalu.

Serangan tersebut mengakibatkan kematian seorang pejabat keamanan Azerbaijan dan menyebabkan dua orang lainnya luka-luka.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA