Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terjang Peru, Topan Yaku Makan Enam Korban Jiwa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 12 Maret 2023, 14:47 WIB
Terjang Peru, Topan Yaku Makan Enam Korban Jiwa
Warga membawa bahan makanan melewati aliran sungai yang tergenang air akibat pengaruh langsung Topan Yaku, di Piura, Peru, pada Sabtu, 11 Maret 2023/Net
rmol news logo Dalam beberapa hari terakhir, topan Yaku yang membawa hujan lebat dan banjir bandang telah berdampak pada ratusan rumah dan menewaskan sedikitnya enam warga di utara Peru.

Menanggapi potensi bahaya dari topan Yaku, pemerintah Peru menetapkan kondisi darurat pada Sabtu (11/3), agar proses penangan ke wilayah terdampak dapat segera dilakukan.

Presiden baru Peru, Dina Boluarte mengunjungi wilayah terdampak untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang terdampak paling parah, seperti Lambayeque, Piura, dan Tumbes.

Topan Yaku adalah fenomena yang sangat tidak biasa yang menyebabkan hujan lebat di utara.

Menurut laporan Direktur Institut Pertahanan Sipil Nasional (INDECI), César Sierra, sejak awal musim hujan, yang dimulai beberapa bulan lalu, sedikitnya 58 kematian dilaporkan.

Bersamaan dengan itu, Peru juga dilanda ketidakstabilan dan protes anti-pemerintah sejak Kongres menggulingkan mantan Presiden Pedro Castillo dari kekuasaan pada Desember tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA