Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuba dan India Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Energi Terbarukan dan Industri Farmasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 Maret 2023, 10:17 WIB
Kuba dan India Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Energi Terbarukan dan Industri Farmasi
Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal/Net
rmol news logo Pertemuan antara Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Luar Negeri Kuba Rodrigo Malmierca berhasil meluncurkan kesepakatan untuk meningkatkan pertukaran bilateral dua negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Malmierca dalam cuitannya mengungkapkan, pihaknya menyatakan bersedia untuk mendukung investasi modal India di Kuba, serta proyek bersama dalam energi terbarukan dan industri farmasi.

“Dalam rapat kerja dengan Menteri Perdagangan dan Industri India, kami sepakat ada potensi peningkatan perdagangan bilateral," kata Malmierca, seperti dikutip dari Prensa Latina, Minggu (12/3).

"Kami menyatakan keinginan untuk mendukung investasi modal India di Kuba dan proyek bersama dalam energi terbarukan dan industri farmasi,” ujarnya.

Malmierca dan delegasi bisnis yang menyertainya telah mengakhiri kunjungan ke kota Bangalore, ibu kota negara bagian Karnataka yang menjadi pusat industri teknologi tinggi nasional.

Rombongan bertemu dengan Kepala Menteri Negara Bagian Karnataka, Basavaraj Bommai, di mana keduanya membahas hubungan sejarah yang menyatukan kedua bangsa.

Selain itu, para delegasi bertemu dengan Kiran Mazumdar-Shaw, presiden perusahaan biofarmasi Biocon, yang mengembangkan hubungan dengan organisasi bioteknologi negara Kuba, BioCubaFarma.

Perwakilan pulau tersebut mempresentasikan peluang investasi asing Kuba di Bangalore, dalam forum bisnis yang dipimpin oleh Organisasi Perdagangan Ekonomi India, yang dipimpin oleh Dr. Asif Iqbal.

Lebih dari 60 pengusaha lokal mendapatkan informasi terutama di bidang biofarmasi dan energi terbarukan.

Perwakilan dari negara Karibia juga mengunjungi Federasi Kamar Dagang dan Industri Karnataka dan mengunjungi taman teknologi perangkat lunak International Manyata Tech di Bangalore.

Mereka yang ikut dalam rombongan Kuba adalah Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing, Deborah Rivas, Direktur Pemasaran portofolio Pertanian, Yisel González, dan Direktur Pembangkitan Sumber Energi Terbarukan dari Serikat Listrik, Ovel Concepción.

Hadir pula Jacqueline Pedrozo, penanggung jawab perusahaan Energoimport, dan David Curbelo, direktur komersial dan bisnis BioCubaFarma.

Menteri Malmierca dan rombongan yang menyertainya tiba pada Kamis pekan lalu (9/3) di Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi, setelah menyelesaikan kunjungan ke Doha, Qatar, di mana mereka berpartisipasi dalam Konferensi PBB ke-5 tentang Negara-Negara Terbelakang.

Kuba berpartisipasi dalam pertemuan internasional itu atas nama 77+ China Group dan di sana menegaskan kembali komitmennya terhadap negara-negara paling rentan di dunia dan mengecam blokade genosida yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat selama lebih dari enam dekade. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA