Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengumpul Sampah Prancis Perpanjang Mogok, Jalanan Makin Dipenuhi Sampah dan Tikus Liar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 15 Maret 2023, 08:45 WIB
Pengumpul Sampah Prancis Perpanjang Mogok, Jalanan Makin Dipenuhi Sampah dan Tikus Liar
Sampah menumpuk di jalanan Paris setelah pekerja kebersihan melakukan aksi mogok massal atas protes RUU reformasi pensiun/Net
rmol news logo Penumpukan sampah di jalan-jalan Paris yang sudah menggunung selama beberapa hari diperkirakan akan semakin parah setelah para petugas kebersihan memutuskan untuk memperpanjang pemogokan hingga 20 Maret mendatang.

Keputusan memperpanjang aksi diambil setelah senat meloloskan rancangan undang-undang reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah.

"Para pekerja memutuskan untuk memperpanjang pemogokan mereka untuk kedua kalinya," lapor CNEWS, mengutip serikat pekerja, Selasa (14/3).

Surat kabar Le Figaro melaporkan saat ini telah lebih dari 5.000 ton sampah membusuk di jalanan dengan tikus mengaduk-aduk tumpukan sampah.

Menteri Transportasi Negara Clement Beaune telah mengkritik Walikota Paris Anne Hidalgo karena tidak melakukan apa-apa saat sampah menumpuk di ibu kota.

"Ibukota telah menjadi sampah raksasa di udara terbuka," kata Clement Beaune, sambil menyebutkan risiko kesehatan masyarakat.

"Saya menghormati pemulung yang mogok. Tetapi ketika seseorang bertanggung jawab atas kota besar, dan ibu kota khususnya, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk bertindak," katanya.

Prancis diguncang aksi protes berminggu yang dilanjutkan dengan pemogokan massal para pekerja. Jutaan orang memprotes rencana reformasi pensiun pemerintah.

Pekerja dan serikat pekerja mengadakan demonstrasi untuk keenam dan ketujuh kalinya sejak Januari hingga Maret, dan pemogokan diperpanjang hingga minggu ini di beberapa sektor, termasuk transportasi kereta api, kilang minyak, dan pengumpulan sampah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA