Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rencanakan Proyek Repatriasi Rohingya, Delegasi Myanmar Kunjungi Kamp Cox's Bazar Bangladesh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 16 Maret 2023, 08:55 WIB
Rencanakan Proyek Repatriasi Rohingya, Delegasi Myanmar Kunjungi Kamp Cox's Bazar Bangladesh
Pengungsi Bangladesh/Net
rmol news logo Delegasi dari Myanmar mengunjungi lokasi kamp Cox's Bazar yang terbakar di Bangladesh pada pekan lalu, untuk memverifikasi pengungsi yang akan kembali ke negaranya.

Seperti dimuat Aljazeera pada Rabu (15/3), ratusan pengungsi Rohingya di Bangladesh nantinya akan dipulangkan kembali, di bawah proyek percontohan repatriasi Myanmar.

Menanggapi pemulangan itu, komisioner bantuan dan repatriasi pengungsi Bangladesh di Cox's Bazar, Mohammed Mizanur Rahman, menyambut baik langkah tersebut.

Menurut laporannya, ada sekitar 1.140 pengungsi Rohingya yang akan dipulangkan di bawah proyek percontohan itu, di mana 711 di antaranya telah diselesaikan kasusnya.

“Kami siap untuk mengirim mereka kembali," kata Rahman, seraya menambahkan dia tidak tahu kapan proyek itu dimulai oleh otoritas Myanmar.

Duta Besar China untuk Bangladesh Yao Wen, yang menjadi mediator, berharap agar repatriasi gelombang pertama pengungsi Rohingya akan segera dilaksanakan.

Kebakaran kamp terbesar di Bangladesh yang terjadi pada 5 Maret itu telah mengakibatkan 15.000 pengungsi Rohingya kehilangan tempat tinggalnya, karena sekitar 2.800 tempat penampungannya hangus dilalap api.

Untuk itu, pemulangan kembali para pengungsi, dianggap dapat sedikit membantu Bangladesh, yang telah menampung lebih dari satu juta masyarakat Myanmar di negaranya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA