Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Malawi yang Dilanda Badai Freddy, AS Kerahkan Bantuan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 16 Maret 2023, 15:51 WIB
Dukung Malawi yang Dilanda Badai Freddy, AS Kerahkan Bantuan Darurat
Topan Freddy yang memicu hujan deras, angin kencang, banjir dan longsor telah meluluhlantahkan Blantyre, di Malawi/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat (AS) segera memberikan bantuan untuk Malawi, setelah pemerintah di negara itu meminta pengerahan bantuan dari negara lain.

Menurut pejabat urusan publik di Kedutaan Besar AS di Malawi, Namita Biggins, pemerintahannya telah menanggapi permintaan Malawi dengan memberikan bantuan melalui berbagai lembaga untuk mendukung masyarakat yang terdampak Topan Freddy.

“Kami menyediakan tempat penampungan darurat untuk rumah tangga yang terkena dampak di Nsanje dan Chikwawa melalui dukungan 2 juta dolar (Rp 30 miliar) kami yang ada melalui Layanan Bantuan Katolik,” kata Biggins, dimuat VOA News pada Kamis (16/3).

Dalam laporannya, pejabat publik kedutaan itu mengatakan mereka juga telah memberi bantuan kemanusiaan seperti selimut, ember, terpal, tablet klorin untuk memastikan air bersih, kelambu dan masih banyak lagi.

Selain itu, menurut Biggins, Lembaga Pembangunan Internasional AS (USAID), telah berkoordinasi erat dengan pihak berwenang Malawi di lokasi bencana untuk memberikan bantuannya dalam operasi penyelamatan.

Rekor siklon tropis dari Topan Freddy yang terjadi pada pekan ini, telah menewaskan lebih dari 200 orang di negara itu, yang membuat pemerintah Malawi sendiri saat ini kesulitan dalam mengevakuasi begitu banyak korban. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA