Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Mali Dapat Jet Tempur Rusia dan Drone Bayraktar Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 11:19 WIB
Junta Mali Dapat Jet Tempur Rusia dan Drone Bayraktar Turki
Pesawat tempur Albatros L-39 Rusia dan Drone Turki Bayraktar-TB2 yang dikirimkan ke Mali pada Kamis, 16 Maret 2023/Net
rmol news logo Sekutu militer Mali, yakni Rusia dan Turki, kembali mengirimkan pasokan senjata dengan jumlah cukup banyak ke negara yang dilanda konflik tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Panglima angkatan udara Mali, Jenderal Alou Boi Diarra mengatakan sekitar 20 pesawat tempur dari Rusia dan belasan drone dari Turki telah sampai di negara Afrika Barat itu pada Kamis (16/4).

Sebuah upacara penyerahan senjata juga digelar dan dihadiri langsung oleh pemimpin junta Mali, Kolonel Assimi Goita, serta diplomat Rusia dan Turki.

Menurut Menteri Pertahanan Kolonel Sadio Camara, Rusia kembali mengirim lebih banyak pesawat tempur rancangan Ceko Albatros L-39, setelah pengiriman terakhir pada Januari lalu.

Sementara drone Turki jenis Bayraktar-TB2, disebut Menhan, mampu membantu misi pengintaian dan pengawasan pasukan menjadi lebih akurat.

Mengutip Al Arabiya, Mali menjalin kemitraan militer yang erat dengan Rusia dan Turki untuk memberantas pemberontakan ekstremis yang telah menciptakan krisis ekonomi dan politik sejak 2012 lalu.

Setalah dikuasai Junta militer pada 2020, hubungan Mali dengan pengaruh kolonial Prancis terputus. Rusia hadir menggantikan posisi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA