Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Pulihkan Krisis Kemanusiaan di Afrika, AS Gelontorkan Dana Hingga Rp 2,3 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 11:32 WIB
Bantu Pulihkan Krisis Kemanusiaan di Afrika, AS Gelontorkan Dana Hingga Rp 2,3 Triliun
Menteri Luar Negeri Antony Blinken/Net
rmol news logo Dana bantuan baru kembali dikirimkan Amerika Serikat untuk membantu negara-negara Afrika yang dilanda krisis kemanusiaan akibat aksi kekerasan pemberontak jihadis.

Bantuan senilai 150 juta dolar AS atau Rp 2,3 triliun itu diumumkan oleh Menurut Menteri Luar Negeri Antony Blinken selama kunjungannya ke Nigeria pada Kamis (16/4).

Blinken menyebut dana bantuan akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan di Afrika Barat dan Tengah serta Sahel, termasuk Burkina Faso, Chad, Mali, Mauritania, dan Niger, serta negara-negara tetangga yang terkena dampak krisis regional.

"Ini akan membantu memberikan dukungan penyelamatan hidup bagi para pengungsi, pencari suaka, dan lainnya yang terkena dampak konflik dan kerawanan pangan di wilayah tersebut," ujarnya, seperti dimuat India Today.

Menlu berharap, dukungan berkelanjutan dari AS mampu menyelamatkan banyak jiwa dan memenuhi kebutuhan hidup mereka termasuk makanan, tempat tinggal, air minum yang aman, sanitasi, kebersihan, dan bantuan penting lainnya.

Lebih jauh, Blinken mengungkap, dana kemanusiaan akan disalurkan melalui Biro Kependudukan, Pengungsi, dan Migrasi Departemen Luar Negeri dan Biro Bantuan Kemanusiaan Badan Pembangunan Internasional A.S.

Pengumuman dana terbaru, menambah total bantuan AS di kawasan Afrika sepanjang tahun 2023 menjadi 233 juta dolar AS atau Rp 3,5 triliun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA