Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komandan CENTCOM: ISIS-K Kemungkinan akan Menyerang AS dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 11:57 WIB
Komandan CENTCOM: ISIS-K Kemungkinan akan Menyerang AS dalam Waktu Dekat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kelompok teroris ISIS Khorasan (ISIS-K) diyakini tengah bersiap untuk menyerang aset Amerika di luar negeri, yang akan diluncurkan setidaknya pada musim panas ini atau enam bulan lagi.

Begitu yang disampaikan oleh kepala Komando Pusat AS (CENTCOM), Komandan Jenderal Michael Kurilla yang memperingatkan kepada Kongres pada Kamis (16/3).

“Ini adalah perkiraan bahwa (ISIS-K) dapat melakukan operasi eksternal melawan kepentingan AS atau Barat di luar negeri dalam waktu kurang dari enam bulan dengan sedikit atau tanpa peringatan,” kata Kurilla kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat, seperti dimuat New York Post.

Ia mengatakan, serangan di luar negeri dilakukan lebih mudah dibanding di tanah Amerika sendiri.

“Kelompok ekstremis melihat peluang, dan ISIS-K semakin berani berusaha untuk memperluas barisannya, dengan serangan langsung di wilayah tersebut dan sekitarnya, dengan tujuan akhir untuk menyerang tanah air Amerika,” jelas Kurilla.

Dalam pembicaraannya itu, Kurilla menolak menjelaskan secara terbuka bagaimana ia bisa menilai ISIS-K akan menyerang AS. Tetapi ia berjanji akan memberi tahu parlemen alasannya dalam sesi tertutup berikutnya.

Kelompok teror ISIS-K pernah menyerang pasukan AS dengan bom bunuh diri di luar Bandara Internasional Kabul pada Agustus 2021, yang menewaskan 13 anggota layanan AS dan ratusan warga lokal. Ketika itu pasukan AS menarik diri dari Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA