Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Ancaman China, Parlemen Inggris Sarankan Taiwan Ikut Konsep Wamil Finlandia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 14:09 WIB
Antisipasi Ancaman China, Parlemen Inggris Sarankan Taiwan Ikut Konsep Wamil Finlandia
Tentara Taiwan/Net
rmol news logo Menanggapi ancaman militer China terhadap Taiwan, anggota parlemen Inggris Tobias Ellwood memberi saran agar negara kepulauan kecil itu mulai mengikuti konsep pertahanan Finlandia.

Dalam wawancaranya dengan Central News Agency pada Kamis (16/4), Ellwood menjabarkan bagaimana konsep Finlandia mampu membantu pertahanan Taiwan menjadi lebih kuat.

Ellwood mengusulkan agar Taiwan mengikuti skema wajib militer Finlandia, di mana selain harus mengikuti pelatihan selama satu tahun, warga sipil laki-laki juga akan mengikuti program itu kembali tiga atau empat tahun mendatang untuk penyegaran.

Menurutnya, penambahan waktu wamil secara berkala akan membuat tentara cadangan Taiwan lebih siap menghadapi setiap ancaman.

"Jika ada kasus untuk memobilisasi negara, Anda memiliki orang-orang yang sangat paham dengan apa yang akan mereka lakukan dalam skenario terburuk,” ujarnya, seperti dimuat The Defense Post.

Seiring dengan meningkatnya aktivitas militer Beijing di sekitar pulau, Taiwan memutuskan untuk memperpanjang wajib militer dari empat bulan menjadi satu tahun.

Bahkan Taiwan juga sedang mempertimbangkan untuk melatih wanita sebagai pasukan cadangan, guna memperkuat pertahanan negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA