Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal China Masuki Perairan Jepang Dekat Pulau Senkaku

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 22:59 WIB
Kapal China Masuki Perairan Jepang Dekat Pulau Senkaku
Kepulauan Senkaku, Jepang/Net
rmol news logo Dua kapal China dilaporkan memasuki perairan Jepang di dekat Kepulauan Senkaku, wilayah yang sedang disengketakan pada Jumat (17/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut laporan NHK World pada Jumat (17/3), dua kapal tersebut masuk ke perairan Pulau Taisho Jepang antara pukul 04.20 dan 04.50 waktu setempat.

Insiden tersebut merupakan kesembilan kalinya sejak awal tahun 2023, kapal-kapal China terlihat di perairan teritorial Jepang, dekat Kepulauan Senkaku, sebuah pulau yang diklaim sebagai kepulauan Diaoyu oleh Beijing.

Satu hari sebelumnya, pada Kamis (16/4), dua kapal China dilaporkan terlihat di Pulau Uotsur, dan nampaknya sedang mencoba mengejar kapal penangkap ikan Jepang.

Selama hampir 17 jam, kapal-kapal tersebut berada di perairan Jepang. Penjaga pantai Jepang mengirimkan kapal patroli untuk melindungi kapal nelayan Jepang yang diburu.

Pemerintah Fumio Kishida telah mengembangkan kebijakan untuk meningkatkan kemampuan penjaga pantai negara itu, termasuk berpatroli di perairannya dengan kapal dan pesawat.

Kepulauan Senkaku adalah gugusan pulau di Laut Cina Timur yang terletak di timur laut Taiwan, timur China, barat Pulau Okinawa, dan utara ujung barat daya Kepulauan Ryukyu.

Jepang menyatakan mengklaim Senkaku sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayahnya. Sementara itu, China dan Taiwan juga mengklaim pulau-pulau tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA