Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol Tidak akan Mengirim Pesawat Tempur Eurofighter dan F-18 ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 Maret 2023, 06:12 WIB
Spanyol Tidak akan Mengirim Pesawat Tempur  Eurofighter dan F-18 ke Ukraina
Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles/Net
rmol news logo Spanyol menghargai negara-negara yang mengirimkan bantuan persenjataan untuk Ukraina. Namun begitu, Spanyol tidak ikut serta mengirimkan pesawat tempurnya untuk Kyiv, terutama untuk Eurofighter dan F-18.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles, dalam pernyataannya pada Jumat (17/3) mengatakan bahwa hal tersebut telah melalui pembicaraan dengan parlemen

"Kami tidak akan mengirim pesawat tempur (tersebut)," kata Robles, seperti dikutip dari Europa Press.

Dia mencatat bahwa pesawat Eurofighter dan F-18 yang beroperasi di Spanyol memerlukan pelatihan khusus sehingga tidak mudah begitu saja untuk dikirim ke Ukraina.

Pernyataan Robles muncul tak lama setelah Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa ia akan mengirim empat pesawat tempur MiG-29, yang disusul oleh pernyataan Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger bahwa negaranya akan mengirim 13 pesawat MiG-29 ke Kyiv.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam kunjungannya ke Kyiv pada 24 Februari mengatakan bahwa kabinetnya "mempertimbangkan kemungkinan" menyediakan pesawat tempur untuk pasukan Ukraina. Namun, dia menegaskan bahwa keputusan mengenai hal tersebut tidak dapat diambil sendiri oleh pemerintah Spanyol.

Robles, pada saat yang sama mengatakan bahwa Spanyol akan mengirimkan setidaknya enam tank Leopard 2 A4 ke Ukraina. Dia menambahkan bahwa Madrid tidak mengesampingkan pengiriman lebih lanjut dari kendaraan ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA