Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vietnam Geger, Empat Pramugari Vietnam Airlines Selundupkan 10 Kilogram Narkoba dari Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 Maret 2023, 11:57 WIB
Vietnam Geger, Empat Pramugari Vietnam Airlines Selundupkan 10 Kilogram Narkoba dari Prancis
Narkoba ditemukan dalam tabung pasta gigi yang dibawa oleh empat pramugari Vietnam Airlines di tas jinjing mereka dari Paris ke Kota Ho Chi Minh, 17 Maret 2023/Net
rmol news logo Vietnam dibuat geger setelah petugas bea cukai di Bandara Ho Chi Minh City mengamankan empat pramugari Vietnam Airlines karena diduga menyelundupkan 10 kilogram narkoba dari Prancis.

Menyusul penangkapan empat tersangka, pihak keamanan kemudian mengamankan manajer kabin, Nguyen Thanh Thuy (37), pada Jumat pagi (17/3) tak lama setelah penerbangan VN1 mendarat di Bandara Internasional Tan Son Nhat.

Vietnam News melaporkan, para tersangka menyembunyikan barang haram itu di dalam tabung pasta gigi yang ditemukan di tas tangan mereka.

Polisi mengidentifikasi narkoba itu sebagai ekstasi dan narkoba sintetik. Secara keseluruhan, keempatnya membawa 10 kilogram narkoba dari Prancis ke Vietnam. Diinterogasi polisi, keempat tersangka terlihat gugup.

Mereka mengaku, ketika di Prancis, seseorang yang identitasnya belum diungkapkan oleh polisi, meminta para tersangka untuk membawa beberapa paket di tas tangan mereka. Orang tersebut diduga membayar mereka berempat sebesar 10 juta dong Vietnam (setara 6,5 juta rupiah).

Vietnam Airlines pada Jumat mengumumkan telah menangguhkan empat pramugari dari pekerjaannya dan berkoordinasi erat dengan pihak berwenang untuk memberikan informasi yang akurat tentang kasus tersebut.

Insiden ini telah mengirimkan gelombang kejutan di industri penerbangan, menimbulkan kekhawatiran tentang maraknya penyelundupan ilegal dan penipuan komersial melalui udara.

Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam telah meminta unit untuk memperkuat pengawasan guna mendeteksi dan menangani aktivitas semacam itu. Maskapai juga diminta untuk bertanggung jawab atas awak pesawat saat bertugas dan untuk meminta ketaatan yang ketat terhadap undang-undang anti-penyelundupan, penipuan komersial, dan barang palsu selama aktivitas penerbangan.

Pihak berwenang juga telah mengarahkan departemen keamanan penerbangan untuk fokus menilai situasi guna mencegah dan memerangi penyelundupan ilegal.

Ini bukan kali pertama pramugari Vietnam Airlines terlibat kontroversi. Pada Mei 2022, sembilan pramugari Vietnam ditemukan membawa lebih dari 41.000 dolar AS dalam penerbangan dari Australia ke Vietnam.

Meskipun ini adalah pemeriksaan acak dan otoritas Australia tidak membuat tuduhan terhadap para pramugari, insiden tersebut menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang praktik awak pesawat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA