Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jutaan Ikan Mati, Sungai di Australia Tersumbat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 18 Maret 2023, 22:01 WIB
Jutaan Ikan Mati, Sungai di Australia Tersumbat
Jutaan bangkai ikan yang menutupi sungai Darling, Menindee, Australia pada Jumat, 17 Maret 2023/Net
rmol news logo Jutaan ikan mati secara misterius di sungai Darling, Menindee, kota terpencil di Australia, dengan bangkai yang menyumbat sungai tersebut pada Jumat (17/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam video yang beredar di media sosial, sebuah perahu terlihat melewati jutaan bangkai ikan mati yang menutupi air, dengan permukaan sungai yang hampir tidak terlihat.

"Benar-benar mengerikan, ada ikan mati sejauh yang Anda lihat. Sungguh tidak masuk akal untuk dipahami," kata warga sekitar, Graeme McCrabb, yang menambahkan bahwa jutaan ikan mati tahun ini, merupakan insiden yang lebih buruk dari sebelumnya.

Menurut pernyataan dari pemerintah, fenomena ikan mati ini terkait dengan rendahnya kadar oksigen di dalam air (hipoksia) saat air banjir surut, yang turut disebabkan oleh gelombang panas yang sedang melanda negara tersebut.

"Cuaca panas saat ini di wilayah tersebut juga memperburuk hipoksia, karena air yang lebih hangat mengandung lebih sedikit oksigen daripada air dingin, dan ikan memiliki kebutuhan oksigen yang lebih tinggi pada suhu yang lebih hangat,” kata penjelasan pemerintah.

Namun berdasarkan laporan yang dimuat Hurriyet Daily News pada Sabtu (18/3), fenomena ini bukan yang pertama kalinya terjadi di sungai wilayah Menindee.

Sebelumnya, sungai yang sempat mengalami kekeringan yang berkepanjangan, dan mekarnya ganggang beracun yang membentang juga pernah menyebabkan ratusan ikan mati di wilayah tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA