Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Difasilitasi Uni Eropa, Kosovo-Serbia Mulai Upaya Normalisasi Hubungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 Maret 2023, 07:56 WIB
Difasilitasi Uni Eropa, Kosovo-Serbia Mulai Upaya Normalisasi Hubungan
Pertemuan antara Kosovo dan Serbia yang ditengahi oleh Uni Eropa di Makedonia Utara pada Sabtu, 18 Maret 2023/Net
rmol news logo Kosovo dan Serbia mulai menunjukkan upaya untuk melakukan normalisasi hubungan. Keduanya telah mencapai semacam kesepakatan untuk mengimplementasikan rencana normalisasi hubungan yang didukung Uni Eropa.

Kesepakatan dicapai dalam sebuah pertemuan maraton di Ohrid, Makedonia Utara pada Sabtu (18/3).

Presiden Serbia Aleksandar Vucic menggelar pembicaraan selama 12 jam dengan Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti yang ditengahi oleh Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri, Josep Borrell.

"Kami telah menyepakati beberapa poin, bukan semua poin. Ini bukan kesepakatan akhir," kata Vucic, seperti dikutip Reuters.

Vucic mengatakan bahwa meskipun ada perbedaan pendapat tentang beberapa masalah, pembicaraan tersebut berlangsung dengan semestinya.

Dia juga mengatakan jalan Serbia menuju keanggotaan UE akan dikondisikan pada penerapan kesepakatan itu.

"Kosovo dan Serbia telah sepakat tentang bagaimana mengimplementasikan perjanjian yang diterima dalam pertemuan tingkat tinggi terakhir di bulan Februari," kata  Borrell.

Borrell menambahkan, para pihak telah berkomitmen penuh untuk menghormati semua pasal perjanjian dan melaksanakan semua kewajiban masing-masing dengan cepat dan dengan itikad baik.

“Kosovo telah setuju untuk segera meluncurkan negosiasi dengan dialog yang difasilitasi Uni Eropa untuk menetapkan pengaturan dan jaminan untuk memastikan tingkat swakelola yang sesuai untuk komunitas Serbia di Kosovo,” jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA