Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Mesir Terima Delegasi Rusia, Bahas Pabrik Nuklir dan Pasokan Biji-bijian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 20 Maret 2023, 10:05 WIB
Presiden Mesir Terima Delegasi Rusia, Bahas Pabrik Nuklir dan Pasokan Biji-bijian
Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi menerima kunjungan delegasi Rusia di Kairo pada Minggu, 19 Maret 2023/Net
rmol news logo Kedatangan delegasi Rusia yang dikirim Presiden Vladimir Putin ke Mesir disambut hangat oleh Presiden Abdel Fattah El Sisi pada Minggu (19/3).

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov, bersama dengan Utusan Khusus Presiden Putin, Mikhail Bogdanov, didampingi  Wakil Presiden Bank Sentral Rusia dan Duta Besar Rusia di Kairo, berdiskusi bersama Presiden Mesir untuk membangun hubungan ekonomi yang lebih kuat.

Kantor Kepresidenan Mesir dalam sebuah pernyataan menyebut pertemuan itu membahas sejumlah investasi terbaru Rusia di Mesir yang diharapkan dapat ditingkatkan.  Salah satu di antaranya ialah pembangkit listrik tenaga nuklir El Dabaa, yang sedang dibangun Rusia Rosatom di pantai Mediterania Mesir.

Proyek itu merupakan pembangkit nuklir pertama yang mulai dibangun pada Juli tahun lalu, dan diperkirakan akan memakan waktu setidaknya hingga 2030.

Investasi lain yang juga menjadi pembahasan adalah kompleks industri Rusia di Zona Ekonomi Terusan Suez, pusat perdagangan skala besar di tepi jalur air vital.

Selain itu, Sisi juga membahas ketahanan pangan dan pasokan biji-bijian, di mana Rusia merupakan pemasok gandum dan biji-bijian terbesar Mesir, selain Ukraina.

Dikutip dari Reuters, Mesir tengah berusaha menyeimbangkan hubungan lama dengan Rusia dan kekuatan Barat.

Sebab, sejak invasi dimulai pada Februari tahun lalu, Mesir telah bergantung pada pasokan Rusia di tengah gangguan ekspor Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA