Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulihkan Hubungan, Menlu Selandia Baru Kunjungi China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 20 Maret 2023, 17:01 WIB
Pulihkan Hubungan, Menlu Selandia Baru Kunjungi China
Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta, dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang/Net
rmol news logo Selandia Baru mendorong upaya pemulihan hubungan dengan China yang renggang sejak pandemi Covid-19. Itu terlihat dari rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta ke China.

Mahuta dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang pada Selasa (21/3) untuk membahas hubungan bilateral kedua negara.

Namun dalam kunjungannya ini, Mahuta diperkirakan tidak akan bertemu langsung dengan Presiden Xi Jinping. Itu lantaran Xi akan mengunjungi Rusia pada pekan ini.

Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins menyebut kunjungan ini penting untuk membangun kembali hubungan dengan China usai dibukanya pembatasan Covid-19.

"Tiongkok adalah mitra yang sangat penting bagi Selandia Baru. Jadi, penting bagi kami untuk membangun kembali peluang tatap muka tersebut untuk kembali terlibat (setelah pembatasan),” ujar Hipkins, seperti dikutip Associated Press.

Sementara itu, dalam pernyataannya pada Senin (20/3), Mahuta mengatakan ia akan menyoroti banyak hal selama pertemuan bilateral, termasuk kerja sama sektor perdagangan dan lingkungan, serta akan menyoroti kekhawatiran negaranya terkait invasi Rusia ke Ukraina.

“China merupakan bagian integral dari pemulihan ekonomi Selandia Baru tetapi hubungan kami jauh lebih luas, mencakup hubungan budaya, pendidikan, dan olahraga,” kata Mahuta.

Bagi Selandia Baru, Beijing merupakan salah satu mitra dagang terbesar. China adalah eksportir produk susu dan produk pertanian dengan jumlah besar dari Selandia Baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA