Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Putin, Xi: Saya Senang Bisa Menginjakkan Kaki Lagi di Tanah Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 Maret 2023, 06:55 WIB
Temui Putin, Xi: Saya Senang Bisa Menginjakkan Kaki Lagi di Tanah Rusia
Xi Jinping dan Vladimir Putin dalam pertemuan di Moskow/Net
rmol news logo Berbekal tema perdamaian dan persahabatan, Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Senin (20/3) waktu setempat.

Tiba di bandara Moskow, Xi disambut Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Chernyshenko.

Ini adalah perjalanan internasional pertama Xi tahun ini dan terjadi hanya beberapa hari setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin atas dugaan keterlibatannya dalam penculikan anak-anak Ukraina.

Xi akan berada di Moskow selama tiga hari untuk membahas hubungan ekonomi, politik, dan keamanan.

“Saya sangat senang bisa sekali lagi menginjakkan kaki di tanah Rusia, tetangga kita yang bersahabat, dan melakukan kunjungan kenegaraan ke Federasi Rusia atas undangan Presiden Vladimir Putin,” kata Xi di awal pertemuan, seperti dikutip dari TASS.

Ia menyampaikan salam hangat dan harapan terbaik untuk pemerintah dan rakyat Rusia dengan menyebut bahwa “Tiongkok dan Rusia adalah tetangga yang ramah dan mitra yang dapat diandalkan yang dihubungkan oleh gunung dan sungai yang sama.”

Xi mengatakan, kemitraan koordinasi strategis yang komprehensif antara kedua negara telah menjaga keadilan  internasional di satu sisi, dan mempromosikan kemakmuran bersama dan pembangunan kedua negara di sisi lain.

Saat menyambut Xi, Putin menjabat hangat tangannya dan  mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Xi baru-baru ini dan memuji rencana perdamaian 12 poin yang diusulkan China untuk mengakhiri perang berdarah di Ukraina.

China telah memposisikan dirinya sebagai mediator dalam konflik antara Rusia dan Ukraina.

“Secara keseluruhan, interaksi kita di kancah internasional tidak diragukan lagi berkontribusi untuk memperkuat prinsip-prinsip dasar tatanan dunia dan sistem multipolar,” tegas Putin, menambahkan bahwa kedua negara juga memiliki banyak hal untuk didiskusikan di bidang interaksi ekonomi.

Pertemuan kedua pemimpin akan dilanjutkan Selasa (21/3) waktu setempat dengan partisipasi dari delegasi masing-masing. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA