Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Bakamla RI, Kasal Australia Klarifikasi Soal AUKUS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 21 Maret 2023, 15:18 WIB
Kunjungi Bakamla RI, Kasal Australia Klarifikasi Soal AUKUS
Kasal Australia, Mark Hammond dan Kepala Bakamla RI, Laksdya Aan Kurnia di Jakarta Pusat pada Senin, 20 Maret 2023/Bakamla RI
rmol news logo Untuk pertama kalinya sejak dilantik tahun lalu, Chief of the Royal Australian Navy (Kasal Australia) Mark Hammond melakukan kunjungan ke Indonesia dan menemui Kepala Bakamla RI Laksda Aan Kurnia di Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Dalam pertemuan tersebut, Hammond berkesempatan untuk mengklarifikasi tentang kemitraan keamanan antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS).

Ia menekankan bahwa AUKUS bukan pakta pertahanan, melainkan wadah yang memungkinkan ketiga negara berbagi teknologi dan kemampuan dengan baik.

Menurut Hammond, partisipasi Australia dalam AUKUS akan memperkuat kemampuan pihaknya dalam bekerja sama dengan mitra regional dan mendukung stabilitas keamanan regional.

Kasal Australia itu, mencoba untuk meyakinkan bahwa kesepakatan AUKUS tidak akan pernah mengubah komitmen Australia dan Indonesia dalam kerja sama keamanan laut.

Merespon Hammond, Kepala Bakamla RI menyatakan pihaknya siap bekerja sama dalam menjaga stabilitas dan keamanan regional dengan Australia.

Terlebih kedua negara saat ini memiliki dasar hukum kerja sama yaitu, Australia yaitu Australian Border Force (ABF) tentang kerja sama keamanan laut.

Selain menggelar pertemuan, Kasal  Hammond dan delegasi juga diajak mengunjungi KPIML Bakamla RI (Puskodal) untuk melihat sistem pemantauan terhadap keamanan dan keselamatan laut di perairan Indonesia yang bekerja selama 24 jam.

Kasal Hammond didampingi oleh Head of Australian Defence Staff Brigadier Matt Campbell, Naval Attache Captain Rod Griffiths, First Secretary (Indonesia & Timor Leste) dan Australian Embassy Jakarta Inspector, Keven Gray.

Sementara Kepala Bakamla RI bersama Deputi Jakstra Laksda, Gregorius Agung, Deputi Inhuker Laksma Samuel H. Kowaas dan Deputi Kerjasama Laksma Agam Endrasmoro. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA