Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina dan Jepang Sepakat Tingkatkan Hubungan Jadi Mitra Global Khusus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 22 Maret 2023, 13:37 WIB
Ukraina dan Jepang Sepakat Tingkatkan Hubungan Jadi Mitra Global Khusus
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bertukar dokumen dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, selama konferensi pers bersama di Kyiv, pada Selasa, 21 Maret 2023/Net
rmol news logo Pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv pada Selasa (21/3), menghasilkan berbagai kesepakatan, salah satunya peningkatan hubungan kedua negara.

Menyadari besarnya potensi kerja sama bilateral antara Jepang dan Ukraina, kedua pemimpin itu memutuskan untuk menaiki jenjang hubungan bilateral yang lebih serius, yakni dengan menjalin "Kemitraan Global Khusus".

"Para pemimpin memutuskan untuk meningkatkan hubungan bilateral menjadi Kemitraan Global Khusus," bunyi pernyataan bersama.

Ukraina dan Jepang telah menjalin hubungan diplomatik lebih dari 30 tahun, dan potensi perluasan kerja sama menjadi lebih besar di bidang perdagangan, hubungan ekonomi, pembangunan infrastruktur, transisi hijau, ilmu pengetahuan dan budaya.

Dalam kesempatan itu, Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Jepang dan rakyatnya atas dukungan berkelanjutan yang diberikan untuk membantu Ukraina menghadapi perang Rusia.

"Bantuan keuangan, kemanusiaan, dan lainnya yang telah diumumkan oleh Jepang, berjumlah 7,1 miliar dolar AS, telah menyelamatkan nyawa banyak orang di Ukraina, dan mendorong mereka semangat berjuang untuk mempertahankan negara," ujarnya.

Merespon hal tersebut, Perdana Menteri Kishida kembali menegaskan bahwa Jepang akan terus berkomitmen untuk mendukung Ukraina dan rakyatnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA