Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjabat Menteri Keuangan Taliban Ditunjuk Jadi Gubernur Bank Sentral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 22 Maret 2023, 17:53 WIB
Penjabat Menteri Keuangan Taliban Ditunjuk Jadi Gubernur Bank Sentral
Mantan Penjabat Menteri Keuangan Taliban yang kini menjadi Gubernur Bank Sentral Afghanistan, Mullah Hidayatullah Badri/Net
rmol news logo Mantan penjabat Menteri Keuangan Taliban, Mullah Hidayatullah Badri, ditunjuk menjadi Gubernur Bank Sentral Afghanistan yang baru pada Rabu (22/3).

"Badri, yang bertindak sebagai Menteri Keuangan Taliban yang mengawasi anggaran setelah mendapatkan kembali kekuasaan pada 2021, telah mengambil peran barunya," kata Juru Bicara Kementerian Keuangan Ahmad Wali Haqmal.

Banyak yang menilai Badri sebagai pejabat senior Taliban memiliki pengalaman dalam mengurus keuangan. Ia menjalankan sebagian besar penggalangan dana Taliban ketika mereka belum menguasai Afghanistan.

Berdasarkan laporan yang dimuat Reuters, penunjukkan gubernur bank sentral yang baru ini telah melewati pengawasan yang ketat oleh Washington, yang memegang miliaran aset milik pemerintah Kabul, yang saat ini masih dibekukan.

Dalam penunjukkan barunya itu, AS meminta berbagai persyaratan agar Taliban dapat mengakses dana yang dibekukan, salah satunya dengan meminta penggantian jabatan itu dengan orang yang lebih profesional dan berpengalaman. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan pada bank sentral  dari campur tangan politik.

Sejauh ini, belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Badri di Kementerian Keuangan Afghanistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA