Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kecam Menkeu Israel karena Tidak Mengakui Keberadaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Maret 2023, 07:10 WIB
China Kecam Menkeu Israel karena Tidak Mengakui Keberadaan Palestina
Menteri Keuangan Bezalel Smotrich berbicara di Paris pada 19 Maret 2023/Net
rmol news logo Penyangkalan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich tentang keberadaan rakyat Palestina mendapat kecaman dari Pemerintah China.

Berbicara pada jumpa pers Rabu (22/3), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan apa yang dilakukan Smotrich sangat tidak bertanggung jawab.

“Tindakan seperti itu dapat meningkatkan ketegangan Palestina-Israel,” kata Wang, menurut harian Global Times.

Sebelumnya dilaporkan bahwa saat berpidato di Paris pada Minggu, Smotrich menyangkal keberadaan rakyat Palestina, dengan mengatakan bahwa orang Palestina adalah "penemuan" dari abad terakhir.

Palestina sudah bereaksi atas pernyataan tersebut dan mengatakan akan menuntut Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menangkap Smotrich atas penolakannya terhadap keberadaan rakyat Palestina.

"Kami akan meminta ICC untuk segera mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap teroris rasis ini yang melanggar semua aturan dengan pernyataannya," kata Kementerian Luar Negeri Palestina, pada Selasa.

Washington juga dengan tajam menegur penyangkalan Smotrich terhadap keberadaan rakyat Palestina, mengatakan bahwa selain tidak akurat, itu sangat berbahaya.

“Orang-orang Palestina memiliki sejarah dan budaya yang kaya, dan Amerika Serikat sangat menghargai kemitraan kami dengan rakyat Palestina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel kepada wartawan.

Smotrich menyampaikan komentar pedas dari podium yang dihiasi peta dengan gambar "Israel Raya" yang mencakup wilayah Palestina yang diduduki dan Yordania saat dia berpidato di Prancis pada Minggu akhir pekan lalu.

Ketika itu, Smotrich mengatakan bahwa tidak ada yang namanya sejarah atau budaya Palestina.

“Apakah ada sejarah atau budaya Palestina? Tidak ada. Tidak ada yang namanya orang Palestina," kata politisi itu, seperti dikutip dari RT.

Smotrich terkenal dengan sikap Zionis garis kerasnya serta pernyataan anti-Palestina yang berulang-ulang, yang telah ia lakukan dua kali dalam bulan ini.

Amman dengan tajam menegur Smotrich karena menggunakan gambar itu, dengan mengatakan itu adalah pelanggaran perjanjian damai antara Israel dan Yordania. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA