Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran Telponan, Sepakat Bertemu dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 23 Maret 2023, 12:30 WIB
Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran Telponan, Sepakat Bertemu dalam Waktu Dekat
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran melakukan panggilan telepon bersama pada hari pertama bulan Ramadhan, Kamis (23/3), yang membahas pertemuan lebih lanjut terkait kesepakatan rekonsiliasi bilateral kedua negara.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Saudi, sebelum memulai percakapan, Menlu Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dan timpalannya Hossein Amir-Abdollahian dari Teheran bertukar ucapan selamat dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Berdasarkan laporan yang dimuat The National News, kedua diplomat itu sepakat untuk mengadakan pertemuan bilateral dalam waktu dekat, untuk melanjutkan pembicaraan mengenai pemulihan hubungan diplomatik.

Berkat kesepakatan yang ditengahi oleh Beijing, kedua negara akan membuka kembali kedutaan dan konsulatnya dalam dua bulan ke depan. Arab Saudi dan Iran memutuskan hubungan pada 2016 lalu, menyusul pergolakan kedua negara. Massa Iran menyerang kedutaan dan konsulat Saudi di Teheran lantaran ulama Syiah terkemuka mereka dieksekusi oleh Kerajaan.

"Kami sepakat untuk mengadakan pertemuan bilateral segera untuk membuka jalan bagi pembukaan kembali kedutaan dan konsulat di kedua negara," kata Menlu Saudi Pangeran Faisal bin Farhan.

Kesepakatan menghentikan permusuhan itu datang sejak dua tahun lalu, ketika mereka memulai pembicaraannya di belakang, yang dimulai pada awal 2021 di Bagdad. Namun kini normalisasi hubungan itu telah diumumkan secara resmi ke publik yang berhasil dijembatani oleh China pada dua pekan lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA