Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Spanyol akan Temui Xi Jinping di Beijing, Bahas Rencana Perdamaian China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 24 Maret 2023, 06:52 WIB
PM Spanyol akan Temui Xi Jinping di Beijing, Bahas Rencana Perdamaian China
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez/Net
rmol news logo Kunjungan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez ke China untuk menemui Presiden Xi Jinping kemungkinan akan dilakukan mulai pekan depan.

Sanchez akan menjadi pemimpin kedua negara Eropa yang mengunjungi China sejak pandemi Covid-19, setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz sempat berkunjung pada November tahun lalu.

Menurut Menteri Urusan Parlemen Spanyol Felix Bolanos pada Kamis (23/3), Sanchez akan tiba di Provinsi Hainan, China, pada 30 Maret untuk menghadiri Forum Boao Asia. Kemudian ia akan melanjutkan perjalanan ke Beijing untuk bertemu Xi di kantornya.

Bolanos menyebut pertemuan itu akan membahas upaya perdamaian Ukraina, di mana Spanyol yakin bahwa China mampu memainkan peran penting sebagai mediator dalam konflik tersebut.

"China dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mediasi antara Rusia dan Ukraina, dan ini tentu saja akan menjadi salah satu tema,” ujarnya seperti dimuat Al-Arabiya.

Seperti negara Uni Eropa lainya, Spanyol telah memberikan dukungan tanpa syarat kepada Ukraina dan akan segera mengirim hingga 10 tank Leopard ke Kyiv.

China juga telah mempresentasikan formula perdamaian 12 poin tentang perang yang mencakup seruan untuk berdialog dan menghormati kedaulatan teritorial semua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA