Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditinggal Honduras, Taiwan akan Tarik Duta Besar dari Tegucigalpa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 24 Maret 2023, 08:05 WIB
Ditinggal Honduras, Taiwan akan Tarik Duta Besar dari Tegucigalpa
rmol news logo Taiwan akan menarik duta besarnya dari Honduras sebagai bentuk protes karena negara itu mengirim delegasinya ke Beijing.

Menurut Kementerian Luar Negeri Taipei, Kamis (23/3), kunjungan diplomat Honduras ke China telah sangat melukai perasaaan pemerintah dan rakyat Taiwan.

"Pemerintah Honduras telah mengabaikan lebih dari 80 tahun persahabatan antara kedua negara. Untuk mengungkapkan ketidakpuasan kami yang kuat, pemerintah kami telah memutuskan untuk segera menarik duta besar," kata pernyataan kementerian itu, dimuat Lapren Salatina.

Pemerintah Taiwan, Rabu (22/3) telah menerima pemberitahuan resmi dari Honduras mengenai berakhirnya hubungan diplomatik antar kedua negara.

Setelah putusnya hubungan, pemerintah Taipei telah memperingatkan pemerintah negara Amerika Tengah itu untuk berhati-hati agar tidak masuk ke dalam perangkap utang China.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengakui bahwa hubungannya dengan Honduras akhir-akhir ini memang tengah menghadapi kesulitan, namun pihaknya telah berusaha maksimal untuk memulihkan hubungan.

“Tapi kami akui, kami tidak bisa bersaing dengan China dalam diplomasi dolar. China menekan ruang diplomatik Taiwan, dan ada tanda-tanda intervensi China di Honduras,” kata Wu, yang menuduh Beijing menyuap Honduras untuk memutuskan hubungan luar negerinya.

Saat ini, di tengah putusnya hubungan kedua negara, dukungan untuk Taiwan menjadi berkurang, dengan total 13 negara yang hanya memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taipei, dan memilih menjalin hubungan dengan China. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA