Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laut China Selatan Bergejolak Lagi, Militer China Ngaku Usir Kapal Perang AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 24 Maret 2023, 10:34 WIB
Laut China Selatan Bergejolak Lagi, Militer China Ngaku Usir Kapal Perang AS
Kapal perang AS, USS Milius/Net
rmol news logo Militer China dilaporkan telah mengusir kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Milius, yang memasuki perairan di sekitar Kepulauan Paracel di Laut China Selatan (LCS).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Klaim itu disampaikan militer China pada Kamis (23/3), dengan mengatakan penyusupan itu dapat merusak perdamaian dan stabilitas kawasan. Sehingga militer Cchina akan melakukan tindakan tegas untuk menjaga teritorialnya.

"Pasukan kami akan terus mempertahankan keadaan siaga tinggi setiap saat, dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas menjaga kedaulatan dan keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas di kawasan LCS," kata jurubicara Komando Teater Selatan China, Tian Junli.

Menanggapi klaim tersebut, Reuters menyebut Angkatan Laut AS telah membantah pernyatan dari militer China, dengan mengatakan pihaknya tidak menyusup ke perairan Tiongkok.

"Kapal USS Milius sedang melakukan operasi rutin di Laut China Selatan dan tidak diusir. (Kami) akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan," tulis pernyataan dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS.

Ketegangan antara Washington dan Beijing terus meningkat di wilayah tersebut, karena Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah di Laut China Selatan.

AS yang menolak klaim itu berupaya untuk terus meningkatkan frekuensi kapal perangnya dengan melewati kawasan tersebut dalam beberapa tahun terakhir, yang terus menyulut amarah China.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA