Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Iran, Arab Saudi Restrukturasi Hubungan dengan Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 24 Maret 2023, 23:45 WIB
Setelah Iran, Arab Saudi Restrukturasi Hubungan dengan Suriah
Presiden Suriah Bashar al-Assad duduk di samping Raja Arab Saudi Abdullah di Istana Kepresidenan di Baabda, timur Beirut, pada 30 Juli 2010/Net
rmol news logo Setelah sepakat melakukan normalisasi hubungan dengan Iran, Kerajaan Arab Saudi kini dilaporkan mulai merestrukturasi hubungan dengan sekutu Teheran, Suriah.

Mengutip laporan Iran International pada Kamis (23/3), Saudi disebut dilaporkan telah setuju untuk membuka kembali kedutaan mereka di Damaskus, setelah satu dekade ditutup.

Meskipun belum memberikan pengumuman resmi, empat sumber yang diwawancarai Reuters mengatakan pembukaan kembali kedutaan Saudi di Suriah akan dilakukan dalam waktu satu bulan mendatang.

Pembentukan kembali hubungan Saudi dan Suriah akan menandai perkembangan paling signifikan dalam langkah negara-negara Arab untuk menormalisasi hubungan dengan Pemerintah Bashar al-Assad, yang dijauhi oleh banyak negara Barat dan Arab setelah perang saudara Suriah meletus pada 2011 lalu.

Amerika Serikat menentang keras langkah negara Arab untuk menormalisasi hubungan dengan Rezim Assad, merujuk pada kebrutalan pemerintahnya selama konflik dan kebutuhan untuk solusi politik yang lebih baik.

Normalisasi hubungan diplomatik dengan Saudi akan membuka peluang besar bagi Suriah kembali ke liga Arab.

Suriah diskors dari Liga Arab pada 2011 sebagai tanggapan atas tindakan brutal Assad terhadap aksi protes.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA