Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Virus Marburg Meningkat di Negara Tetangga, Malawi Keluarkan Peringatan Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 25 Maret 2023, 13:46 WIB
Kasus Virus Marburg Meningkat di Negara Tetangga, Malawi Keluarkan Peringatan Waspada
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kematian lima warga akibat terinfeksi virus Marburg di Tanzania, mendorong pemerintah di negara tetangga Malawi mengeluarkan peringatan waspada tentang penyakit menular tersebut.

Sekretaris Kementerian Kesehatan Malawi Charles Mwansambo memperingatkan warga untuk jeli dan menghindari kontak fisik dekat dengan pasien yang diduga pasien Marburg.

"Warga dihimbau untuk menghindari menyentuh cairan tubuh pasien yang dicurigai dengan tangan kosong, mengenakan sarung tangan dan alat pelindung diri yang sesuai saat merawat pasien di rumah, dan mempraktikkan cuci tangan dengan sabun dan air," jelasnya, seperti dimuat Xinhua pada Jumat (24/3).

Mwansambo menyatakan pihaknya tengah berusaha untuk menyaring dan mendeteksi semua kasus yang dicurigai sebagai penyakit yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat, termasuk virus Marburg.

Oleh sebab itu, kata Mwansambo, pemerintah telah bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, untuk terus memantau situasi penyebaran Marburg di Tanzania.

Penyakit Virus Marburg (MVD) adalah demam berdarah yang jarang namun parah yang menyerang manusia dan primata non-manusia.

MVD disebabkan oleh virus Marburg, virus RNA zoonosis (atau hewan yang ditularkan melalui hewan) yang unik secara genetis dari keluarga filovirus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA