Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ciptakan Ramadhan Damai, Otoritas Israel Terapkan Aturan Masuk ke Masjid Al-Aqsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 25 Maret 2023, 17:43 WIB
Ciptakan Ramadhan Damai, Otoritas Israel Terapkan Aturan Masuk ke Masjid Al-Aqsa
Polisi Israel berjaga-jaga ketika umat Muslim Palestina menuju ke kompleks Temple Mount untuk menghadiri sholat Jumat pertama di bulan suci Ramadan, di Kota Tua Yerusalem, pada Jumat, 24 Maret 2023/Net
rmol news logo Penerapan keamanan ketat diberlakukan Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur, menyusul keputusan untuk mengizinkan warga Muslim Palestina Tepi Barat melaksanakan shalat berjamaah selama Ramadhan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti yang terlihat pada Jumat (24/3) saat warga melaksanakan shalat Jumat pertama di bulan Ramadhan.

Direktur Jenderal Departemen Endowmen Islam di Yerusalem, Sheikh Azzam Al-Khatib, pada Sabtu (25/3) mengatakan bahwa ribuan polisi Israel telah dikerahkan sejak Jumat pagi di jalan-jalan kota, terutama kota tua dan lorong-lorongnya, serta sekitar Masjid Al-Aqsa.

"Polisi Israel mengatakan mereka mengerahkan lebih dari 2.300 petugas polisi distrik Yerusalem, petugas polisi perbatasan, dan bala bantuan lainnya," ungkap Al-Khatib, seperti dimuat Yeni Safak.

Sekitar 100 ribu warga Muslim Palestina Tepi Barat berbondong-bondong mendatangi Masjid Al-Aqsa, mendorong aparat Israel mengerahkan ribuan polisi untuk berjaga-jaga menghindari kemungkinan paling buruk.

Ketegangan meningkat di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa bulan terakhir di tengah serangan militer Israel berulang kali ke kota-kota Palestina.

Pemerintah Israel Pada Senin (20/3) mengeluarkan keputusan mengizinkan penduduk Tepi Barat pergi ke Yerusalem Timur untuk melakukan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa selama Ramadhan. Wanita dari segala usia, anak laki-laki hingga 12 tahun, dan pria yang lebih tua dari 55 tahun juga dibebaskan memasuki masjid al-Aqsa selama Ramadhan tanpa izin.

Sementara aturan yang mengharuskan pria Palestina dari usia 45 - 55 tahun masuk dengan izin, tetap berlaku.

Banyak jamaah yang mengaku bahagia dengan keputusan tersebut.  

"Saya tidak bisa menjelaskan kepada Anda betapa bahagianya saya shalat di Masjid Al-Aqsa. Saya berusia 50 tahun dan mereka baru saja mencabut larangan keamanan yang mencegah saya datang ke sini,” kata Nasser Abu Saleh, seorang penduduk Masjid Al-Aqsa. kota Hebron di Tepi Barat.

Mayor Jenderal Ghassan Aliyan dari COGAT, sebuah unit di kementerian pertahanan Israel yang mengoordinasikan masalah sipil dengan warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza, mengatakan otoritas Israel melakukan semua yang mereka bisa untuk mencegah masalah.

“Semua pihak berkepentingan melihat bulan Ramadhan berlalu dengan damai dalam segala hal,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA