Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beralih ke China, Honduras Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 Maret 2023, 08:19 WIB
Beralih ke China, Honduras Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan
Bendera Honduras dan Taiwan/Net
rmol news logo Honduras menambah satu lagi negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Sehingga Pulau Formosa saat ini hanya memiliki hubungan diplomatik formal dengan 13 negara.

Pemerintah Honduras pada Minggu (26/3) mengumumkan telah mengakhiri hubungan diplomatik dengan Taiwan yang telah terjalin selama lebih delapan dekade. Keputusan itu diambil demi beralih ke China yang memegang prinsip "Satu China".

Di bawah prinsip "Satu China", tidak ada negara yang dapat mempertahankan hubungan diplomatik resmi dengan China dan Taiwan.

Pekan lalu, Presiden Honduras Xiomara Castro memerintahkan Menteri Luar Negeri Eduardo Enrique Reina untuk menjalin hubungan diplomatik dengan China.

Kemudian pada Kamis (23/3), Taiwan menarik duta besarnya untuk Honduras sebagai reaksi atas kunjungan menlu mereka ke China.

"Honduras mengabaikan lebih dari 80 tahun persahabatan antara (Taiwan dan Honduras) ketika mereka mengirim menteri luar negeri mereka ke China, yang telah sangat merusak perasaan pemerintah dan rakyat kita," kata Kemlu Taiwan, seperti dikutip TRT World.

Honduras adalah salah satu negara termiskin di Amerika Latin, dengan hampir 74 persen dari hampir 10 juta penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Keputusan Honduras untuk secara resmi mengalihkan pengakuan membuat Taiwan hanya memiliki 13 negara yang memiliki hubungan diplomatik formal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA