Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kerja Sama, KBRI Beijing Gelar Indonesia-China (Shandong) Exchange Week

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 26 Maret 2023, 09:09 WIB
Tingkatkan Kerja Sama, KBRI Beijing Gelar Indonesia-China (Shandong) Exchange Week
Duta Besar RI untuk Beijing, Djauhari Oratmangun dalam sambutannya di acara Indonesia-China (Shandong) Exchange Week di Kota Dezhou/Ist
rmol news logo Dalam rangka mempromosikan perdagangan, investasi, pendidikan serta pariwisata Indonesia, KBRI Beijing dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Indonesia-China (Shandong) Exchange Week.

Acara ini diselenggarakan di Kota Dezhou, Provinsi Shandong pada 22 hingga 28 Maret 2023. Wilayah ini memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ketiga di China, dan menjadi basis dari perusahaan-perusahaan besar di Tiongkok.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa hubungan bilateral kedua negara telah mencapai tingkatan yang tinggi dalam sejarahnya, dengan banyak proyek besar sedang dikerjakan kedua negara.

Menurut Dubes Djauhari, China merupakan mitra dagang terbesar di Indonesia pada 2022. Investasi yang telah dikucurkan negara itu mencapai Rp 124 triliun, meningkat 156 persen dibandingkan 2021 lalu, dan diharapkan dapat terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

"Melalui sinergi program Belt and Road Initiative Tiongkok dengan program Poros Maritim Dunia Indonesia, kedua negara telah menjalin kerja sama dalam proyek bernilai tinggi antara lain Two Countries Twin Parks, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Empat Koridor Ekonomi," kata Dubes Djauhari.

Terdapat sekitar 50 perusahaan Indonesia di bidang energi terbarukan, alat kesehatan, ekonomi digital serta perusahaan lainnya, yang turut berpartisipasi dalam kegiatan promosi dan business matchmaking dalam acara ini, dengan lebih dari 300 peserta yang hadir secara offline dan online.

Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari asal Indonesia, yang membawakan tari Kreasi Janger Bali, Warak Dugder, dan Rasa Sayang.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Shandong, Deng Yunfeng dan Walikota Dezhou, Zhu Kaiguo, serta para pejabat setempat.

"(Saya) mendukung untuk menguatkan kerja sama dan saling kunjung dalam bidang politik, bisnis dan industri, sustainable development serta people-to-people dan pertukaran budaya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat antar kedua negara," kata Wagub Shandong, Deng Yunfeng.

Selain itu, dalam kesempatan ini, Dubes RI bersama dengan Dirjen Pendidikan Provinsi Shandong, dan pejabat lainnya meresmikan Aliansi Kerja Sama International Perguruan Tinggi Indonesia dan Shandong (CIUICA).

CIUICA terdiri dari lebih dari 80 Perguruan Tinggi Indonesia dan Shandong, sebagai wadah untuk meningkatkan hubungan kerja sama pendidikan, pertukaran informasi dan wawasan antar pelajar.

Ada harapan besar dari China dan Indonesia dalam acara ini untuk terus meningkatkan level kerja sama kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi lagi, daripada tahun-tahun sebelumnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA