Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arkeolog Temukan 2.000 Kepala Domba Jantan di Kuil Firaun Ramses II

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Maret 2023, 07:58 WIB
Arkeolog Temukan 2.000 Kepala Domba Jantan di Kuil Firaun Ramses II
Pemandangan sekitar 2.000 mumi kepala domba jantan yang ditemukan selama penggalian yang dilakukan oleh misi Amerika dari Universitas New York-Institut Studi Dunia Kuno (ISAW) di kuil Ramses II di Abydos, Kegubernuran Sohag, Mesir/Net
rmol news logo Sebanyak 2.000 mumi kepala domba jantan ditemukan para arkeolog di kuil firaun Ramses II di Mesir.

Al Arabiya
dalam laporannya pada Minggu (26/3) mengatakan, penemuan itu diumumkan oleh Kementerian Pariwisata dan Barang Antik pada akhir pekan lalu.

Sameh Iskandar, kepala misi Amerika, mengatakan kepala domba jantan itu adalah persembahan yang menunjukkan pemujaan terhadap Ramses II, dirayakan 1.000 tahun setelah kematiannya.

Ramses II memerintah Mesir selama hampir tujuh dekade, dari 1304 hingga 1237 SM.

"Penemuan itu akan membantu orang mengetahui lebih banyak tentang kuil Ramses II dan kegiatan yang terjadi di sana sejak pembangunannya antara 2374 dan 2140 SM dan periode Ptolemeus, dari 323 hingga 30 SM," kata Mostafa Waziri, kepala Dewan Purbakala Mesir, seperti dikutip dari AFP.

Mumi anjing, kambing, sapi, rusa, dan luwak, juga digali oleh tim arkeolog AS dari Universitas New York di Abydos, sebuah situs di Mesir selatan yang terkenal dengan kuil dan makamnya.

Selain itu para arkeolog juga menemukan sisa-sisa istana dengan dinding setebal lima meter (16 kaki) yang berasal dari sekitar 4.000 tahun yang lalu. Beberapa arca, papirus, sisa-sisa pohon purba, pakaian kulit dan sepatu juga ikut ditemukan.

Abydos, yang terletak sekitar 435 kilometer (270 mil) di sungai Nil di selatan Kairo, terkenal dengan kuilnya seperti Kuil Seti I, serta nekropolisnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA