Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadang Pengaruh China, Kamala Harris Janji Tingkatkan Investasi dan Bantuan AS untuk Ghana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Maret 2023, 08:21 WIB
Hadang Pengaruh China, Kamala Harris Janji Tingkatkan Investasi dan Bantuan AS untuk Ghana
Wakil Presiden AS, Kamala Harris, tiba di Bandara Internasional Kotoka, Ghana, 26 Maret 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat terus berupaya membendung pengaruh China di Afrika dengan menjanjikan peningkatan investasi dan bantuan ekonomi, seperti yang disampaikan Wakil Presiden AS Kamala Harris di Ghana, Minggu (26/3) waktu setempat.

Ghana merupakan tujuan pertama dalam tur kenegaraan Harris ke Benua Afrika yang akan berlangsung selama sepekan.  Tanzania dan Zambia termasuk dua negara lain yang akan dikunjunginya.

"Dalam perjalanan ini saya bermaksud untuk melakukan pekerjaan yang berfokus pada peningkatan investasi di benua ini dan memfasilitasi pertumbuhan dan peluang ekonomi," kata Harris tak lama setelah mendarat di Ghana.

Seperti dikutip dari Africa News, Harris selama kunjungannya itu, akan membahas keterlibatan China dalam masalah teknologi dan ekonomi di Afrika yang menjadi perhatian Amerika Serikat, serta keterlibatan China dalam restrukturisasi utang.

Di Ghana Harris akan melakukan pertemuan dengan Presiden Nana Akufo-Addo dan akan mengunjungi bekas kastil tempat para budak dikirim ke Amerika selama era perdagangan budak.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah berupaya memperkuat hubungan dengan Afrika, sebagian untuk menawarkan alternatif bagi kekuatan saingannya, China.

Desember 2022, menjelang KTT AS-Afrika, Washington berkomitmen memberikan bantuan senilai 55 miliar dolar AS untuk benua itu selama tiga tahun ke depan.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga mengumumkan bantuan kemanusiaan baru sebesar 150 juta dolar AS untuk wilayah Sahel Afrika selama kunjungan ke Niger bulan ini.
 
Harris akan berada di Ghana mulai 26-29 Maret, kemudian lanjut ke Tanzania mulai 29-31 Maret. Perhentian terakhirnya adalah Zambia, pada 31 Maret dan 1 April. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA