Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Sambungan Telepon, Menlu Iran dan Arab Sepakat Bertemu Sepanjang Ramadan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 27 Maret 2023, 10:37 WIB
Melalui Sambungan Telepon, Menlu Iran dan Arab Sepakat Bertemu Sepanjang Ramadan
Menlu Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan Menlu Iran, Hossein Amirabdollahian /Net
rmol news logo Upaya normalisasi hubungan Iran dan Arab Saudi nampaknya akan berjalan lancar setelah kedua Menteri Luar Negeri sepakat untuk terus menjalin komunikasi.

Dalam sambungan telepon pada Senin (27/3), Menlu Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan mitranya dari Iran, Hossein Amirabdollahian, membahas berbagai hal, menindaklanjuti upaya normalisasi yang dimediasi China.

"Dalam panggilan telepon tersebut, sejumlah masalah umum dibahas sehubungan dengan perjanjian tripartit yang ditandatangani di China," bunyi laporan kantor berita negara Saudi SPA.

"Kedua menteri juga sepakat untuk mengadakan pertemuan bilateral di antara mereka selama bulan Ramadhan yang sedang berlangsung," tambah SPA.

Awal bulan ini, Iran dan Arab Saudi sepakat untuk merekonstruksi hubungan setelah permusuhan bertahun-tahun yang mengancam stabilitas dan keamanan Teluk serta memicu konflik di Timur Tengah mulai dari Yaman hingga Suriah.

Bersama dengan China sebagai mediator, normalisasi Saudi-Iran akan membawa perubahan signifikan di kawasan Timur Tengah, terutama penurunan ketegangan di sejumlah negara berkonflik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA