Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan 41 Tahun Hubungan Diplomatik China-Vanuatu, Menlu China Qin Gang Sampaikan Pujian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 27 Maret 2023, 13:20 WIB
Rayakan 41 Tahun Hubungan Diplomatik China-Vanuatu, Menlu China Qin Gang Sampaikan Pujian
Ilustrasi/Net
rmol news logo Hubungan diplomatik China-Vanuatu memasuki usia ke-41, di mana kedua negara semakin menunjukkan pijakan yang sama dan saling mendukung.

Menandai peringatan bersejarah tersebut, Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang menyampaikan pidato video pada Minggu (26/3) yang ditampilkan dalam televisi nasional Vanuatu.

Kedua negara menyambut baik hubungan yang telah terjalin selama puluhan tahun dengan pujian yang diungkapkan dari para pejabat tinggi negara itu.

"Kedua negara selalu saling menghormati, memperlakukan satu sama lain dengan pijakan yang sama, saling percaya dan mendukung, serta terlibat dalam kerja sama yang tulus," kata Qin dalam pidatonya, seperti dikutip dari China ORG, Senin (27/3).

Menurut Qin, negaranya saat ini sangat memprioritaskan pengembangan kemitraan strategis dengan negara di Oseania itu, dan menganggap Vanuatu sebagai rekan penting yang telah menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Untuk itu, Menlu China itu berharap agar hubungan kedua negara bisa semakin memperkuat persahabatannya, untuk dapat mewujudkan lebih banyak manfaat bagi kedua negara dan rakyatnya.

"China siap bekerja sama dengan Vanuatu melalui kerja sama praktis di berbagai bidang," kata Qin saat mengakhiri pidatonya.

Sejak 26 Maret 1982 lalu, Tiongkok dan Vanuatu resmi menjalin hubungan diplomatik resminya, saat ini kedua negara tersebut telah memiliki banyak kerja sama yang lancar dalam sektor ekonomi, perdagangan, pertanian, pariwisata, olah raga hingga bidang-bidang lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA