Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Miliki Hubungan Diplomatik, Menlu Honduras Bertemu dengan Wapres China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 28 Maret 2023, 10:00 WIB
Resmi Miliki Hubungan Diplomatik, Menlu Honduras Bertemu dengan Wapres China
Menteri Luar Negeri Honduras, Eduardo Reina saat bertemu dengan Wakil Presiden China Han Zheng, pada Senin, 27 Maret 2023/Shine
rmol news logo Setelah resmi membelot ke China dan meninggalkan Taiwan, Menteri Luar Negeri Honduras Eduardo Reina pergi ke Beijing untuk menemui Wakil Presiden China Han Zheng, Senin (27/3).

Dalam menyambut kedatangannya itu, Wapres Han memuji keputusan Honduras untuk membuka hubungan diplomatiknya dengan China, yang dianggap telah sesuai dengan kepentingan fundamental antar kedua negara.

Han menyatakan kesediaannya dalam meningkatkan koordinasi, kerja sama, dan memberikan bantuan dalam hal apa pun kepada Honduras, untuk membangun masa depan yang cerah bersama.

“China siap bekerja sama dengan Honduras untuk melakukan pertukaran mengenai tata kelola negara, dan menyambut Honduras untuk bergabung dalam kerja sama Belt and Road Initiative (BRI) untuk mengubah kekuatan menjadi energi kerja sama yang komprehensif,” kata Han, dimuat CGTN, Selasa (28/3).

Menanggapi sambutan yang hangat dari China itu, Menlu Reina mengatakan bahwa negaranya akan belajar dari banyaknya pengalaman pembangunan Beijing yang sukses, dan akan menjunjung tinggi prinsip “Satu China” milik negara itu.

Melalui prinsip “Satu China”, negara yang ingin menjalin hubungan diplomatik dengan China, tidak diperkenankan untuk membuka hubungannya dengan Taiwan.  

Minggu (26/3) pemerintah Honduras resmi mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Taiwan yang telah terjalin selama lebih delapan dekade, yang dianggap Menlu Reina sebagai sebuah langkah bersejarah yang diambil negaranya.

Berdasarkan laporan dari Menlu tersebut, dalam menyambut hubungan barunya ini, Presiden Honduras Xiomara Castro akan segera melakukan kunjungan kenegaraannya ke China. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA